Kenapa sih kita harus Memperingati Hari Pendidikan Nasional ?

 

Ki hajar dewantara
source : google images

Dimulai dari sejarah Hari pendidikan Nasional dulu deh ya. Kenapa disebut sebagai Hari Pendidikan Nasional ? karena pada awalanya pendidikan di indonesia itu hanya diperuntukan kepada anak-anak kelahiran Belanda dan orang kaya Indonesia. Ki Hajar Dewantara yang kita kenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia ternyata  berasal dari keluarga kaya Indonesia. Beliau menentang kebijakan Pendidikan pada masa Hindia Belanda. Akibat menentang kebijakan tersebut Bapak Ki Hajar Dewantara pun diasingkan ke Belanda. Setelah kepulangan beliau ke Indonesia Bapak Ki Hajar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan yang biasa kita kenal dengan sebutan Taman Siswa dengan filosofinya Tut Wuri Handayani (dari belakang memberikan dorongan ) yang sekarang dijadikan sebagai semboyan untuk dunia pendidikan Indonesia . Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia. Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Nah dari sejarah singkat diatas , muncul pertanyaan dari ane. Kenapa sih kita harus memperingati Hari Pendidikan Nasional ? toh gak bakalan mengubah apapun terhadap sistem pendidikan di Indonesia saat ini.  Setelah beberapa saat memikirkan jawaban dari pertanyaan itu akhirnya ane menyadari satu hal gan, bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia apalagi ane sendiri yang sekarang dalam masa mengenyam pendidikan di  Indonesia seharusnya menghormati perjuangan yang telah dilakukan oleh Bapak Ki Hajar Dewantara, karena tanpa perjuangan beliau mungkin saat ini sistem pendidikan di Indonesia bakalan lebih hancur dan mungkin bakalan ada pembeda si Kaya dengan si Miskin walaupun sebenarnya sekarang hal itu masih terjadi di dunia pendidikan Indonesia.

Sekarang tugas kita sebagai rakyat Indonesia seharusnya senantiasa meningkatkan mutu pendidikan, memberikan persembahan yang terbaik bagi bangsa ini, belajar yang rajin, terus menimba ilmu, mengutamakan yang namanya kejujuran walaupun sekarang sistem di Indonesia itu menuntut siswa untuk mencapai nilai setinggi-tingginya dan itu membuat para siswa stres, sehingga  siswa tersebut melakukan berbagai cara untuk mendapatkan nilai yang tinggi termasuk dengan menyontek. Padahal seharusnya kita malu , seharusnya kita sadar kalau sekolah itu adalah salah satu media dan tempat buat belajar, bukan buat menyontek. Sekolah yang bisa dibilang merupakan rumah kedua bagi kita seharusnya dijadikan tempat untuk saling berbagi dan belajar untuk menggapai prestasi bukan malah mengejar nilai yang tinggi dengan cara yang salah.

Salah satu hal yang sampai sekarang bikin ane miris terhadap pendidikan di Indonesia gan, masi ada aja anak-anak yang bolos ke sekolah dengan alasan males, lebih memilih warnet ketimbang belajar di sekolah, hura-hura sana sini, tawuran dan sebagainya. Apakah mereka sadar ? masih banyak diluar sana anak-anak yang pengen sekolah tapi gak punya biaya buat sekolah. Anak-anak yang memiliki semangat tinggi untuk belajar, tapi gak punya fasilitas untuk itu dan anak-anak yang  ikut bekerja mencari nafkah keluarga biar bisa sekolah. Ayo kita yang sudah diberikan kecukupan jangan sampai kalah dengan mereka yang berjuang untuk memperoleh pendidikan. Mari kita membangun bangsa ini untuk lebih baik. Jangan jadikan diri kita sebagai beban negara tapi lakukanlah hal yang akan membuat orangtuamu , gurumu , temanmu , sahabatmu , sekalipun pacarmu bangga atas prestasi yang kamu gapai.

Mungkin apa yang ane bilang di atas terkesan sedikit lebay haha, tapi setidaknya mulai dari sekarang kita sebagai pelajar, termasuk diri ane sendiri, berusaha untuk tidak pernah mengabaikan yang namanya belajar, apapun itu ketika lu masih bisa bernafas, belajarlah!  Buat yang males pergi bimbel, setidaknya lu jangan pernah bolos, jangan menjadikan hal kecil sebagai alasan lu buat gak pergi bimbel ,kayak Hujan Batuk, Flu dikit dan semacamnya.  Buat lu yang sekarang lagi berjuang belajar untuk SBMPTN biar bisa masuk PTN impian lu, jangan pernah menunda ketika ada kesempatan dan waktu untuk belajar karena Ujian yang sebenarnya telah menanti. Kepada yang sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir, semoga kita pelajar Indonesia yang  akan menjadi penerus bangsa. Bisa membuat negeri ini bangga dengan prestasi yang kita raih.

Tanda tangan

Quotes of The day

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” – Nelson Mandela

sumber terkait :

Gak Usah Dibaca

Catatan Harian Aprianil
Yogyakarta, 1 Mei 2015

26 April 2015
26 April 2015

  Tepat pada hari ini, ane bakalan nambah satu aktivitas harian ane yaitu bikin “catatan harian” yang berisi kronologi kejadian dari ane bangun tidur sampe ane tidur lagi. Yaeeelah kurang kerjaan banget ane bikin begituan :D. Setidaknya ane mencoba untuk belajar menulis dan semoga saja catatan harian ini bakalan bermanfaat dan meninggalkan kenangan bagi kehidupan ane kelak, aamiin 🙂 (more…)